cara membuat kain batik

Cara Membuat Batik Tulis Tradisional yang Mudah Dipraktikkan

Bagi sebagian orang, mungkin batik sudah menjadi pakaian yang biasa digunakan. Apalagi sekarang ada aturan tentang mengenakan batik untuk pegawai negeri maupun pegawai swasta.
Batik menjadi lebih terkenal dan mengenakannya pun tidak perlu canggung lagi. Apalagi untuk anak muda yang biasanya enggan mengenakan batik karena takut dibilang nggak gaul dan kelihatan tradisional.
Padahal, justru ke-tradisional-an batik lah yang membuatnya menjadi salah satu maha karya yang luar biasa. Sampai, orang luar negeri pun sangat suka menggunakan batik sebagai pakaian sehari-hari mereka.
Nah, kalau ngomongin soal batik, tentu pernah terbersit, bagaimana sih membuat batik itu? Terutama batik tulis yang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis batik lainnya.

Alat dan Bahan Membuat Batik Tulis

Sebelum membuat batik, tentu kita akan membutuhkan peralatan dan juga bahan. Berikut ini beberapa yang harus kamu persiapkan untuk membuat batik tulis.

1. Kain Mori

Kain yang biasa digunakan untuk membuat batik adalah kain mori. Tapi, sekarang ini juga banyak yang menggunakan kain katun maupun kain sutra. Tinggal pilih saja kamu mau menggunakan kain jenis apa untuk membuat batik tulis.
Tapi, lebih baik menggunakan kain mori terlebih dahulu jika kamu belum terbiasa membuat batik tulis. Selain harganya yang lebih murah dibanding kain jenis lainnya, kain mori ini juga lebih mudah didapat.

2. Canting

Canting untuk Membuat Batik
michelledraws.wordpress.com
Pernah mendengar nama canting? Canting adalah alat yang digunakan untuk mengambil lilin di dalam wadah untuk membuat motif pada kain. Canting tradisional biasanya terbuat dari bahan tembaga dan gagangnya berbahan bambu.

3. Gawangan

Gawangan merupakan alat yang digunakan untuk menyampirkan atau menjemur kain batik.

4. Lilin

Lilin Cair untuk Membatik
sandhidwi.blogspot.com
Lilin ini yang digunakan untuk membuat motif pada kain. Lilin ini cara mengaplikasikannya adalah dengan dicairkan terlebih dahulu, baru kemudian di lukiskan ke kain menggunakan canting.

5. Panci dan Kompor

Panci digunakan untuk wadah lilin ketika dicairkan, sedangkan kompor berfungsi untuk memanaskan lilin agar bentuknya menjadi cairan.

6. Laurtan Pewarna

Seperti namanya, larutan pewarna ini akan digunakan untuk mewarnai kain agar nantinya motif yang sudah kita buat pada kain terlihat dengan jelas.

Cara Membuat Batik Tulis

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan siap, kita mulai membuat batik tulisnya.

1. Membuat Desain Batik

Membuat Molani atau Desain Batik
bikinseragambatikkantor.wordpress.com
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat molani atau bisa disebut juga desain batik. Kam bisa membuat berbagai macam desain batik sesuai dengan kreatifitasmu. Tapi, 
Nah, kalau kamu mau menggunakan motif tradisional yang sudah ada, ada dua jenis yang bisa kamu gunakan. Pertama adalah motif klasik, biasanya berbentuk simbol-simbol. Kedua adalah motif pesisiran, motif ini biasanya berbentuk seperti bunga atau kupu-kupu.
Membuat molani ini biasanya menggunakan pensil yang langsung di gambar di atas kain.

2. Melukis di Kain

Melukis Batik pada Kain Mori

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat kerajinan tanah liat

cara nyopet di pasar